Penggabungan Metode Penelitian
Oleh : Immas Putri A
Daftar Pustaka
Sebuah penelitian dengan menggunakan metode gabungan antara metode
etnografi dengan menggabungkan teknologi mobile (HP). Pengembangan metodologi
pada studi pola mobilitas anak mensyaratkan untuk mencampurkan pendekatan
penelitian yang diarahkan dengan penyelidikan partisipatif. Menurut peneliti,
pengabungan dua metode ini sangat berguna untuk studi mobilitas anak-anak.
Dimana dengan menggunakan GPS yang ada pada teknologi mobile memungkinkan peneliti untuk mendapatkan pola mobilitas anak-anak
tersebut. Pola tersebut didapat dari perekaman GPS. Selain itu dengan
menggunakan teknologi baru anak-anak diminta untuk aktif dalam kegiatan ini.
Salah satunya dengan cara menjawab atau merespon setiap pertanyaan yang
diberikan oleh peneliti melalu HP yang mereka miliki. Pertanyaan ini dapat kita
sebut sebagai survei ponsel. Survei ponsel diberikan sebanyak lima kali dalam
sehari yang dibagi menjadi dua sesi. Sesi yang pertama diberikan saat mereka
dalam perjalanan ke sekolah, ketika istirahat makan siang, dan pada pukul 3
sore yang menandai berakhirnya sekolah pada hari itu. Sedangkan sesi kedua
dilakukan pada pukul 5 sore yang dimaksudkan sebagai jam pulang dari sekolah
pusat serta pukul 7 yang diharapkan anak-anak telah berada di rumah.
Survei ponsel ini dilakukan untuk mendorong anak-anak
melaporkan kegiatan real Time
mobilitas mereka saat bergerak. Anak-anak diminta untuk melaporkannya secara
kronologis dalam lima pertanyaan yaitu, (a) What are you doing? (b) Where are
you? (c) Are you inside oroutside? (d) How did you get there? (e) Did you go by
yourself or in company with others?. Pertanyaan tersebut dimaksudkan untuk mengetahui kegiatan anak-anak,
mobilitas yang dilakukan berkaitan dengan tempat, aktivitas sehari-hari anak
yang berfokus pada waktu yang dihabiskan di dalam atau di luar ruangan, bentuk
transportasi mereka dan aspek sosial dalam pola mobilitas. Survei tersebut
dimaksudkan sebagai buku harian perjalanan anak-anak.
Untuk studi etnografi dilakukan untuk menghasilkan data yang mendalam mengenai
pengalaman anak-anak, praktisi dan rutinitas dalam konteks kehidupan
sehari-hari. Data tentang mobilitas anak-anak didapatkan melalui pengamatan,
wawancara, diskusi kelompok teman sebaya, dan mengobrol secara informal dengan
anak-anak, orang tua dan guru. Observasi partisipan dilakukan selama
memungkinkan wawasan peneliti, yaitu pada saat anak-anak di sekolah selama
pelajaran, di waktu istirahat ketika mereka bermain di luar, dan setelah pulang
sekolah saat mereka menghabiskan waktu di rumah atau kelompok bermain lokalnya.
Observasi ini dilakukan sejak padi hari saat mereka berangkat sekolah
hingga sore hari saat mereka kembali pulang ke rumah. Observasi terfokus 30-60
menit seminggu selama enam bulan, yang termasuk wawancara dengan setiap anak. Observasi
dilakukan secara sistematis dicatat dalam buku harian catatan lapangan. Akan
tetapi terjadi sedikit masalah ketika pengamatan tentang kegiatan yang
dilakukan oleh anak-anak di luar sekolah, hal itu terjadi karena gerak anak
yang secara geografis tersebar dan dan sulit untuk melokalisir.
Daftar Pustaka
Christensen, P., Miguel R. M.,
Thomas A. S. N., & Henrik H.. 2011. Children, Mobility, and Space:Using GPS and Mobile
PhoneTechnologies in EthnographicResearch. Jurnal of
Mixed Methods Research, 5(3), pp 227-246.
Komentar