UAS Antro Ekonomi (Kelas) 2
Antropologi
Ekonomi
Senin, 5 Juni
2017
Dosen Pengampu:
Bambang Hudayana
Immas Putri Agustin (14/363546/SA/17317)
2. Terkait dengan Tulisan Destha
Pendekatan yang digunakan oleh Destha Raharja dalam
tulisan Siasat Usaha Santri: Ekonomi
Moral dan Rasional Dalam Usaha Konfeksi di Mlangi, Yogyakarta adalah pendekatan
adaptasi budaya. Dimana budaya setidaknya memiliki tiga permasalahan
fundamental yang disebutkan oleh Haviland (1985) yaitu kebudayaan harus
memenuhi kebutuhan biologis, kebudayaan harus memenuhi kebutuhan instrumental, kebudayaan
harus memenuhi kebutuhan integratif. Oleh karenanya manusia memerlukan adaptasi
untuk dapat mencapai kebutuhan yang ia perlukan. Dimana proses adaptasi
tersebut dilakukan melalui medium kebudayaan.
Dalam tulisan ini Destha menggunakan paradigma moral dan
rasional. Dimana aspek moralitas masih mendominasi kehidupan masyarakat di
Indonesia terutama pedesaan. Pada masyarakat ini motif moral dan tindakan
sosial masih menjadi pertimbangan dalam pengambilan keputusan. Ekonomi moral
berusaha melihat sikap subsisten yang ada pada diri petani dimana mereka
memiliki sikap kurang tanggap terhadap inovasi dan resiko, sehingga dalam
setiap tindakan lebih mementingkan sikap mengamankan diri lebih dulu (safety first). Sikap ini dipengaruhi
oleh ikatan kelompok yang kuat, dimana kelompok menjadi tempat menggantungkan resiko
dan media untuk membagi resiko. Hal inilah yang menonjolkan sikap kelompok
daripada individu-rasional. Selain itu petanni juga memiliki sikap yang tidak
mau mengambil resiko atau menghindari kegagalan.
Sedangkan ekonomi rasional menurut Popkin bahwa petani tradisional
didominasi oleh motivasi memperoleh keuntungan individu bukan kelompok. Dimana
pendekatan yang ada adalah pengambilan keputusan individu dan interaksi
strategis. Dengan asumsi bahwa manusia mengejar tujuan-tujuan secara rasional.
Dimana rasionalitas diartikan sebagai individu-individu di situ akan menilai
hasil-hasil yang mungkin diperoleh berkaitan dengan pilihan-pilihan yang sesuai
dengan kesukaan dan nilai mereka. Dengan dua strategi diatas Desha
menggunakannya untuk melihat strategi adaptasi pengusaha konfeksi di Mlangi.
Komentar